Pages

Labels

Sabtu, 29 Oktober 2011

Menguak Rahasia di Balik Patung HERMES (Part 2)


Patung Hermes merupakan salah satu primadona museum ini selain meriam si Jagur, namun yang paling menarik sebenarnya adalah pesan-pesan yang tersembunyi yang melekat padanya. Seperti Caduceus .
Caduceus merupakan tongkat dengan sepasang sayap yang gagangnya dililit dua ekor ular yang dipegang tangan kiri Hermes. Cadeceus merupakan bentul asli dari kelompok persaudaraan Ular.
Cadeceus memang simbol khas dari Hermes. Namun simbol tongkat yang dililit ular sebenarnya bukan hanya milik Hermes. Ada beberapa dewa yang juga memegang tongkat dengfan ular. Salah satunya Aesculepius. Dewa penyembuh itu juga punya tongkat yang dililit dengan ular. Hanya saja, ular yang ada ditongkat Aesculepius walau besar namun Cuma satu ekor, bukan dua ular kecil seperti yang ada di Cadeceus itu. Selain Hermes dan Aesculepius, Dewa Apollo pun membawa-bawa ular. Apollo adalah dewa Musik, inspirasi dari hawa nafsu manusia untuk menjelajah keluar angkasa. Apollo adalah Ayah dari Aesculepius. Dan Apollo juga tuhan bagi kelompok Gay.

0 komentar:

Posting Komentar