Pages

Labels

Sabtu, 22 September 2012

Jangan Pernah Berhenti…


Teori mana yang mengatakan jika menulis itu sulit ??
Jika anda mungkin teori itu buatan anda sendiri, karena anda sudah  merasa seperti itu.
saya pernah membaca buku dikatakan jika menulis bukan saja sebatas hobi namun sebuah pekerjaan yang kita cintai. Jika awalnya saja anda tidak suka dan kurang menyukai pekerjaan yang satu ini mana mungkin anda dapat menulis dengan baik. Anda sudah pusing dengan ide yang akan ditulis, jenuh ketika memikirkan kalimat apa yang pantas di awal paragraf. Mungkin setelah itu anda berhenti dan meninggalkannya.

Namun bagi mereka yang bersungguh-sungguh mereka tidak akan pernah berhenti, mereka akan terus mencoba sampai kalimat-kalimat itu dapat tersusun menjadi paragraf yang baik.
Yang terpenting bagi seorang penulis adalah dia perlu memiliki motivasi untuk menulis. 

Saya pernah bertanya pada salah seorang  Dosen Jurnalistik karena background beliau pun adalah seorang Jurnalis di salah satu media masa Indonesia yang tentunya tahu berita-berita yang sedang update. “Apa motivasi terbesar Bapak untuk menulis ?”Tanya saya.
 “ Saya ingin sekali keliling Indonesia, dan dengan saya aktif menulis akhirnya saya dapat berkeliling Indonesia.”  Urainya.

Mungkin itulah salah satu contoh dari sekian motivasi dan banyak lagi tentunya.
Namun, perlu diingatkan jika menulis itu memiliki banyak kepentingan, tergantung si penulis membawa ke mana arah tulisan dia. Saya pun akhirnya teringat kembali perkataan seorang Dosen:

Jika kau menulis karena ingin dimuat di media masa..maka kau akan kecewa
Jika kau menulis karena ingin mendapat perhatian dari sekitarmu...maka kau akan kecewa...
Jika kau menulis karena ingin mendapat bayaran...maka kau akan kecewa..
Namun Menulislah karena Allah...maka kau tidak akan pernah Kecewa
...” –Pak Mahladi

Bersambung…..

0 komentar:

Posting Komentar